Thursday, February 2, 2017

Cara Melakukan Fitness Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula

Panduan Fitness Paling Mudah untuk Pemula | Fitness adalah salah satu kegiatan olah tubuh, yang umumnya dilakukan dengan menggunakan berbagai macam bentuk latihan menggunakan alat. Banyak sekali alat yang digunakan untuk latihan fitness dan alat tersebut bukan hal yang aneh lagi karena pada umumnya tempat fitness atau gym sudah menyediakan alat-alat tersebut.

Fitness kini cukup populer terutama ditengah masyarakat perkotaan. Untuk itulah tidak heran, jika akan ada banyak orang yang berbondong-bondong pergi ke gym, baik itu kaum pria atau pun wanita.

Fitness ini sendiri bukan dilakukan sebagai kegiatan olah tubuh saja, tetapi dibalik hal tersebut, fitness juga mempunyai banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Bahkan menariknya, kegiatan fitness ini juga bermanfaat untuk menjadikan tubuh menjadi lebih ideal dan juga proporsional.
Tidak sedikit orang terutama wanita yang melakukan fitness guna menurunkan berat badan yang berlebih. Khususnya untuk laki-laki, biasanya mereka melakukan fitnes dengan tujuan untuk membentuk otot-otot tubuh terutama untuk membentuk otot perut dan membentuk otot lengan. Nah, berbicara tentang manfaat fitnes tentunya tidak akan ada habisnya karena begitu banyak sekali manfaat yang bisa dihasilkan selain manfaat yang telah kita sebutkan.

Cara Melakukan Fitness Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula

Setelah kita mengetahui manfaat dari fitness, tidak ada salahnya mulai sekarang anda pergi ke gym untuk melakukan fitness. Namun, untuk anda yang masih pemula dan belum pernah melakukan fitness sama sekali janganlah kawatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara melakukan fitness bagi pemula. Nah, untuk lebih jelasnya yuk kita simak pembahasan di bawah ini.

Cara Melakukan Fitness Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula

1. Pemanasan
Sebelum anda melakukan fitness, sebaiknya anda lakukan pemanasan terlebih dahulu. Hat tersebut bertujuan agar otot-otot di dalam tubuh lebih fleksibel sehingga akan lebih siap untuk melakukan fitnes serta mengurangi resio terjadinya cedera. Pemanasan ini bukan hanya dilakukan oleh pemula saja, namun oranng yang sudah biasa melakukan fitnes juga diharuskan untuk melakukan pemanasan sebelum memulai latihan.

2. Gunakan Peralatan Sederhana
Banyak peralatan yang disediakan di tempat fitness. Untuk anda yang masih pemula sebaiknya gunakanlah terlebih dahulu peralatan yang sederhana dan sebaiknya setiap kali melakukan latihan menggunakan alat dampingilah dengan instruktur.

3. Istirahat
Ketika melakukan fitness janganlah anda terlalu memporsir tenaga anda untuk terus menerus melakukan latihan. Anda juga perlu menyelingi istirahat dalam setiap melakukan latihan. Anda cukup istirahat selama 2 sampai 3 menit.

4. Mencatat Riwayat Latihan
Mencatat riwayat latihan merupakan hal yang perlu dilakukan oleh pemula. Misalkan ketika anda melakukan latihan beban, maka anda perlu mencatat berat beban pada saat melakukan latihan terakhir atau anda juga bisa mencatat hitungan ketika berlatih. Dengan adanya catatan tersebut maka diharapkan anda bisa melakukan pengembangan latihan ke tingkat yang lebih rumit atau sulit.

5. Pola Makan Sehat
Mengimbangi pola makan yang sehat ketika menjalankan fitness merupakan salah satu hal yang tidak bisa ditinggalkan. Selain itu gaya hidup yang sehatpun perlu anda lakukan guna menunjang keberhasilan fitness yang sedang anda jalankan. Misalkan, hindari makanan yang mengandung banyak lemak, banyak mengkonsumsi sayur dan buah, serta cukupi kebutuhan cairan tubuh anda dengan minum air minimal sebanyak 8 gelas perharinya.

6. Komitmen
Umunya untuk pemula yang baru saja melakukan kegiatan fitness ini sering dihampiri rasa bosan, dan ini adalah hal yang wajar. Tetapi, diharapkan Anda jangan kalah oleh rasa bosan tersebut. untuk itulah Anda perlu komitmen sebelum melakukan kegiatan atau latihan fitness tersebut, supaya latihan Anda tidak berhenti ditengah jalan.
Tanpa komitmen apa yang anda lakukan akan percuma karena anda tidak akan serius dalam melakukannya. Sehubungan dengan menerapkan komitmen, alangkah baiknya jika anda punya suatu target. Dengan memiliki target anda bisa melakukan olah tubuh dengan semangat dan serius untuk mencapai target yang anda inginkan. Misalnya anda melakukan fitness 3 kali dalam seminggu selama 4 bulan untuk mencapai target menurunkan berat badan sebanyak 3,5 pounds. Dan sebagainya.

Nah, jika berbicara tentang manfaat fitness ini pastinya tidak akan ada habisnya, karna ada begitu banyak sekali manfaat yang dapat dihasilkan selain manfaat yang telah di sebutkan tadi. Tapi tahukah Anda bagaimana sih cara melakukan fitness yang baik dan benar ?

Fitness memang sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan. Dengan melakukan fitness banyak manfaat yang dapat kita raih. Salah satu manfaatnya diantaranya adalah dapat membuat tubuh tetap ideal, berat badan stabil dan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh juga dapat kita raih.

Karena itu, akhir – akhir ini seiring dengan semakin populernya olah badan fitness ini semakin banyak pula orang yang tertarik melakukan kegiatan fitness. Dan anda mungkin juga termasuk salah satu orang yang ingin mulai melakukan olah badan fitness ini. Jika memang anda berniat untuk mulai melakukannya, tentu anda harus punya panduan dulu. Karena bagi pemula yang masih awam dengan fitness tidak boleh langsung melakukan fitness dengan porsi yang besar.

Harus diupayakan fitness dengan pola yang ringan dilakukan terlebih dahulu. Dan disini akan kami berikan untuk anda mengenai panduan fitness bagi pemula yang dapat anda terapkan!

Panduan Fitness Bagi Pemula

“Berapa kali latihan fitness yang efektif untuk pemula?”

Bagi anda yang notabenenya seorang pemula, disarankan jika anda melakukan latihan fitness selama 3 kali dalam satu pekan. Dan ini dia panduan fitness di hari pertama sampai hari ketiga anda melakukan fitness dalam sepekan.
1. Latihan Fitness Hari Pertama
Di hari pertama ini setidaknya ada 3 program latihan fitness yang dapat anda kerjakan. Program latihan fitness yang dapat anda kerjakan di hari pertama adalah benchpress, incline press serta juga bicep curl serta hammer curl. latihan ini bertujuan untuk membentuk otot lengan.
Baca Juga : Cara Mudah Membentuk Otot Lengan Di Rumah
2. Latihan Fitness Hari Kedua
Di hari kedua ini latihan fitness yang dapat anda lakukan tentu lebih berat dibandingkan dengan hari pertama. Di hari kedua anda dapat melakukan squat, calves raises, sit up serta juga leg raises. latihan ini bertujuan untuk membentuk otot lengan.
Baca Juga : Cara Mudah Membentuk Perut Six Pack Tanpa ke Gym

3. Latihan Fitness Hari Ketiga
Di hari ketiga ini ada 4 macam latihan fitness yang dapat anda lakukan. Diantaranya adalah lat pull down, bentover row, side lateral raise, dan barbell shrug.

Demikian sedikit informasi yang kali ini dapat kami sampaikan tentang Panduan Fitness Bagi Pemula. Terapkan panduan fitness diatas dan dapatkan hasilnya. Semoga bermanfaat.
Nah, itulah beberapa cara melakukan fitnes untuk pemula. Setidaknya cara di atas dapat membantu anda serta dapat mempersiapkan anda sebelum memulai fitnes. Semoga bermanfaat.

Silahkan Berkomentar Dengan Sopan. Anda Sopan Kami Segan.
EmoticonEmoticon